Theme Preview Rss

Trik Memperkaya Isi Situs

Kita sering mengengar istilah content, atau isi tulisan, tetapi . bagaimana cara agar isi tulisan kita benar-benar kaya dan bermanfaat ? Ketertarikan akan isi tulisan, tentunya berbeda bagi tiap individu. Mungkin berguna bagi kita, tetap bagi orang lain tidak. Kekayaan isi sebuah tulisan adalah sesuatu tentang bagaimana menyediakan informasi berharga buat pembaca kita. Informasi yang dimaksud disini semisal : aktifitas, produk, statistik, tutorial, download ataupun informasi pendidikan yang berhubungan dengan kajian studi.

Ketika memulai kreasi terhadap tulisan di situs kita, jangan takut untuk mencoba keluar dari “jeratan” kotak situs kita. Artinya ide-ide kita jangan sampai “terbatasi” oleh tampilan layar didepan kita. Ide-ide unik biasanya banyak menarik perhatian pengunjung dibanding konsep tentang sebuah kegiatan, yang sudah banyak dibahas. Adakalanya tentang kejadian-kejadian yang lagi “hot” dengan sedikit bumbu kupasan/kajian kita. Siapa tahu memperkaya wacana teman-teman komunitas.
Tahapan-tahapan yang bisa kita lakukan ?

Read more...



1. Mulai dari diri kita
Memulai dari diri kita dan tentang latar belakang kehidupan, keluarga, lingkungan, studi dan minat. Siapa tahu untuk motivasi buat mengurus situs. Tidak gampang lho….menjaga kelanggengan situs, apalagi memelihara dan menambah fitur. Adakalanya “kejenuhan” sering datang kapan saja.
Contoh : Coba untuk buat cerita tentang diri kita yang hobby berenang, tetapi selama hidup kita sampai sekarang tidak pernah bisa berenang. Seru khan !!! Mulai aja cerita trauma pernah tenggelam di empang bebek milik tetangga. Saking traumanya,
bulu bebek dijadiin koleksi. Eeehh..akhir cerite nih……anaknya tetangga itu malah jadi istri kita :):(\


2. Membuka diri
Klo yang ini bukan “buka-bukaan!”. Maksudnya, apalah arti blog kita kalo pengunjung atau pembaca tidak kenal kita. Bisa terjalin persahabatan, komunikasi dan… Akan lebih baik bila pembaca mengenal dekat diri kita, pemikiran kita yang bisa ia contohkan yang nantinya bermanfaat bagi orang banyak.


3. Kalender Kegiatan
Kalo situs kita punya kegiatan atau topik tertentu yang dilaksanakan, coba mulai dengan daerah kita atau topik yang sedang dibahas oleh perkumpulan kita.
Contoh : Kegiatan di perpustakaan - (topic specific events)

4. Sponsor Dan Kontes
Membuat kontes adalah cara besar untuk mengajak minat pembaca dan membuat mata rantai untuk pengunjung yang datang berikutnya ke situs kita. So pasti….semua orang ingin memenangkan sesuatu atau mengumpulkan suara terbanyak dari pesaing yang lain. Tidak hanya dalam bentuk jajak pendapat yang sering tampil di homepage halaman kita

Contoh: Perusahaan yang memasarkan perangkat lunak dan target sumber daya pengembang perangkat lunak. Mereka baru-baru ini mengadakan ” penghargaan penjual perangkat lunak”. Pengembang perangkat lunak dan pemasar (distributor dan agen) telah diundang oleh perusahaan induk. Pembaca/pengunjung diberi kesempatan untuk memilih calonnya, dan akhirnya,
pemenang telah diumumkan. Tentu kontes ini menghasilkan Peningkatan akses dan lalu lintas web di situs kita.OK :)
Contoh : Software Marketing Resource


5. Forum / komunitas
Coba buat komunitas diskusi di situs kita. Ingat, bahwa komunitas itu penting dan harus dihargai. Orang yang paling sering akses dan paling banyak tahu tentang situs kita adalah forum diskusi kita. Singkatnya, seperti tetangga rumah kita laah !!.
Contoh : NotePage.


6. Blog
Blogs adalah makanan Search Engine . Mengapa? Sebab blog biasanya memiliki Admin (pemilik) yang sudah mengurus isi tulisan kita (content) secara teratur. Buat blog !!! dong, coba daftar semisal di blogger, wordpress, blogdrive, dllnya untuk berkomunikasi dengan pengunjung.
Contoh : Blog Security


7. Kontes Foto / Kontes Seni
Semua orang senang kalo dia menang. Jika target situs kita adalah untuk konsumen, kontes merupakan salah satu cara untuk saling berhubungan dengan pembaca kita. Kontes juga membuat suatu website semakin dekat dengan pengunjung, sebab para
kontestan akan sering mengunjungi kembali website kita untuk melihat posisi/rating mereka.



8. Menulis Artikel ” Bagaimana Cara Memandu“
Tulis artikel kita, pikirkan apa yang ingin diketahui pengunjung/pembaca kita. Bukan apa yang ingin kita ceritakan pada mereka. Dengan kata lain jangan menulis untuk pembaca kita dengan sesuatu yang berlebihan tentang diri kita. Kita yakin, dengan ketelatenan kita, pengunjung akan datang secara berangsur-angsur dan meningkatkan daftar kunjungan di situs kita. Contoh : Memulai Usaha Bisnis Kecil-kecilan.


9. List Direktory ” mengurutkan kategori “
Biasanya, sebuah situs yang baik mempunyai urutan direktori yang mudah dipahami dan sistematikanya tersusun dengan baik. Contoh: mulai dari tentang situs - sejarah berdiri - visi misi - target/sasaran - terminology - sampai artikel unggulan baik itu lokal situs maupun dari situs lain. Tentunya akan memperbanyak jumlah pengunjung situs kita. Jangan lupa untuk memperbaharui situs kita tidak pada list direktor-nya. Cukup pada tempalate/tema saja. Karena biasanya seorang pengunjung yang berlangganan ke
situs kita lebih mengenal penempatan direktory pada saat ia pertama kali datang berkunjung ke situs kita :)
Contoh : Podcasting Tools

Sumber:http://arrohwany.multiply.com


0 komentar:

Posting Komentar